Kamis, 29 September 2016

Tips Mengendarai Mobil di Musim Hujan


Indonesia memiliki dua musim yang selalu datang silih berganti. Salah satu musim yang kerap membuat para pengendara was-was adalah musim hujan. Jalanan yang basah tentu akan membuat ban kendaraan lebih mudah mengalami slip. Belum lagi jika jalanan terendam banjir yang berimbas pada kinerja mesin. Nah, agar kamu dapat mengendarai si roda empat dengan aman dan nyaman saat musim hujan tiba, yuk terapkan tips berikut.

Persiapkan Mobil

Salah satu hal yang dapat membantumu mengendarai mobil dengannyaman saat musim hujan tiba adalah menyiapkan mobil. Apalagi untuk bagian ban yang berperan penting. Sebelum berkendara, pastikan jika ban dalam kondisi yang baik. Selalu lakukan pengecekan pada tekanan ban. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa windshield wipes, lampu depan, lampu belakang, lampu sign dan lampu rem apakah masih berfungsi dengan baik.

Perhatikan Kecepatan

Hal kedua yang musti dieprhatikan saat mengendarai mobil di musim hujan adalah kecepatan. Mengendarai si roda emmpat dengan ekcepatan tinggi tentu sangat berisiko. Akan lebih baik jika kamu megurangi kecepatan dari biasanya. Misalnya saja jika kamu terbiasa membawa kendaran dengan kecepatan 50 mph, maka kendarai si roda empat dengan kecepatan 40 mph.

Hitung Jarak Saat di Jalan

Membawa si roda empat saat musim hujan tiba ternyata sangat berisiko menimbulkan kecelakaan dengan kendaraan lain di jalan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memberikan jarak mobilmu dengan kendaraan di depan. Langkah praktisnya adalah memberikan jeda sekitar tiga hingga empat detik dengan kendaraan di depan.


Well, ternyata mengendarai mobil di musim hujan dengan aman dan nyaman juga bisa dilakukan apabila kamu mau menerapkan sejumlah tips di atas. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin mobil agar tetap bisa bekerja dengan maksimal meski dibawa menyusuri jalanan yang basah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar